Contoh Analisa Website Universitas

Oke sobat , Kali ini kita akan membahas tenyang bagaimana tatacara menganalisa sebuah website dan dikesempatan ini saya akan menganalisa sebuat website Universitas swasta yang ada di Aceh tepatnya di Kabupaten Pidie. 

Check list ..

ANALISA WEBSITE
UNIVERSITAS JABAL GHAFUR

ASAL-USUL

            Universitas Jabal Ghafur didirikan pada tahun 1982, dibawah naungan Yayasan Kampus Jabal Ghafur. Kampus yang terlatak diatas savana Gle gapui seluas hampir 100 hektar itu terletak dikawasan Kabupaten Pidie, Aceh.

            Pendiri Universitas Jabal Ghafur ini adalah seorang putra pidie bernama Nurdin Abdurrahman (almarhum), Beliau adalah rektor pertama dari universitas ini.

            Kini Universitas Jabal Ghafur mulai menatap masa depan dengan tekad baru dan terus membenah diri untuk menjadi center of excellent dan menjawab tantangan baru menuju masa depan yang bermartabat, mempersiapkan generasi muda yang berakhlak mulia, bertanggung jawab kepada kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Alm. Nurdin Abdurrahman
Pendiri Universitas Jabal Ghafur


KECEPATAN AKSES
            Ketika saat saya mengakses dan membuka situs http://www.unigha.ac.id/ kecepatan loading untuk membuka webnya hanya sebentar saja alias tidak lama dan hanya memerlukan beberapa detik saja.
            Saya menggunakan salah satu tools Google untuk mengetahui kecepatan akses ke sebuah website dan tools tersebut adalah https://developers.google.com/pagespeed . Dan berikut ini adalah gambar hasilnya


KECEPATAN AKSES VIA SELULER


KECEPATAN AKSES VIA DESKTOP


Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa untuk versi MOBILE yang dihasilkan adalah 59/100 dan halini masi dalam kategori lambat .Sedangkan untuk versi DESKTOP hasilnya adalah 57/100 didalam kategori ini masih lambat.

DESAIN BACKGROUND DAN IKLAN
Menurut saya selaku mahasiswa di unigha dan pengakses website unigha tampilan http://www.unigha.ac.id/ sangat simple akan tetapi tampilannya ada berwarna warni namun di website unigha tidak terdapat iklan dan disitu dapat mempermudan mengakses ke website unigha tanpa ada gangguan dari iklan yang haru kita close atau dihilangkan sebelum masuk ke halaman.
Tampilan background website UNIGHA


TAMPILAN MENU BERITA
          Tampilan menu berita dari website http://www.unigha.ac.id/ sangatlah menarik dikarenakan tampilannya divariasikan dengan warna biru dan dilengkapi dengan menu BERITA, PENGUMUMAN, INFORMASI, AGENDA dan ARTIKEL.

Berikut tampilan MENU BERITA


SAJIAN BAHASA DAN ANALISA BERITA
            Website http://www.unigha.ac.id/ selalu menampilkan berita atau informasi dengan tidak begitu formal dan kata-katanya kaku. Beritanya pun tidak sering di update sehingga mahasiswa yang sering mengakses tidak bias mengetahui berita terkini.


KECEPATAN PUBLIKASI DAN KEAKURATAN ISI BERITA
Dalam mempublikasikan suatu berita atau informasi websitenya tidaklah sering update berita terkini ,sehinga siswa harus mencari tahu atau membaca madding supaya dapat berita terkini tentang kampus.


TARGET PEMBACA
            Menurut saya dengan berita yang tidak sering di update tersebut minat pembaca tidaklah tinggi sehingga mahasiswa tidaklah sering mengakses website tersebut.


KESIMPULAN
            Dari hasil analisa website http://www.unigha.ac.id/ dapat disimpulkan bahwa :

·      - Penelitian ini menghasilkan perancangan dan website berbasis Content Management System.
·      - Permasalahan informasi yang kurang mutakhir dan tidak sering di update.
  - Dari website tersebut tidak adanya iklan yang bisa mengganggu tampilan websitenya.
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Admin
AUTHOR
30 August 2023 at 11:44 delete

Dari penyediaan informasi hingga fasilitasi kolaborasi, fungsi website kampus memiliki peran yang tak tergantikan dalam membentuk dunia pendidikan yang lebih terhubung dan inklusif.

Melalui kemudahan akses, interaksi yang ditingkatkan, promosi program, dan pemberian informasi yang akurat, manfaat website kampus membantu membuka pintu menuju pendidikan abad 21 yang inovatif dan inklusif.

Untuk memastikan pengalaman online yang optimal bagi para pengunjungnya, terdapat beberapa elemen penting website kampus yang perlu diperhatikan.

Reply
avatar